Senin, 20 April 2009

PROFIL KELAS INTERNASIONAL

Kelas Internasional sman 68 Jakarta dibuka mulai tahun pelajaran 2005-2006 berdasarkan surat keputusan dari Kepala Dinas Dikmenti DKI Jakarta yang menyatakan bahwa SMA 68 JAKARTA adalah sekolah Nasional berstandar Internasional. Sejalan dengan hal itu pada tahun 2006 Direktorat pembinaan SMA mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan bahwa SMAN 68 Jakarta menjadi salah satu sekolah di wilayah Jakarta Pusat yang ditunjuk menjadi rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Hal ini merupakan amanat dari sistem pendidikan Nasional Pasal 40 ayat 3.
Pada tahun pertama, SMAN 68 Jakarta menggandeng mitra yang dipimpin oleh Bpk Syamsir Alam untuk menjadi nara sumber dan mencari guru-guru yang memenuhi standar Internasional. Setelah berjalan selama 3 tahun dan dipandang bisa untuk Mandiri, maka pada tahun 2008-2009 SMAN 68 Jakarta mengelola kelas Internasional secara mandiri.
Kelas Internasional ini mengacu pada kurikulum Cambridge untuk 5 subject yaitu Mathematics, Physics, Chemistry, Biology, English.
Pada tahun pertama siswa akan mengikuti program IGCSE.
Tahun kedua akan mengikuti program As level.
Tahun ketiga akan mengikuti program A level.
Jika siswa memperoleh sertifikat Internasional A level maka siswa tersebut dapat melanjutkan ke perguruan tinggi di luar negeri tanpa test di 160 negara. Dapat dilihat di situs www.cie.og.uk.

Untuk kurikulum Nasional mengacu pada KTSP yaitu
mata pelajaran ujian nasional : Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia,
dan Biologi
mata pelajaran ujian sekolah : Pendidikan Agama, Kewarganegaraan, Sejarah, Seni Budaya,
Bahasa Jepang, Pendidikan jasmani dan Teknologi Informasi dan
komunikasi.
Selain mendapatkan sertifikat Internasional maka siswa akan mengikuti ujian Nasional sebagai standar kelulusan sekolah dan melanjutkan ke universitas dalam Negeri seperti : UI, ITB, UNPAD, UNDIP, IPB, ITS, UGM dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar